GRIYA KONTRAKTOR–  Tren rumah dan arsitektur memang tak berjalan kencang seperti popularitas musik atau baju. Tetapi secara perlahan dan pasti, popularitas itu ada. Termasuk popularitas dekorasi rumah, yang ternyata bisa berbeda-beda di tiap negara. Sedangkan begitu desain rumah klasik tak pernah ada matinya.

Ditengah gempuran akulturasi kultur, desain rumah klasik sukses mempertahankan diri. Bahkan, tak sedikit orang yang memakai desain rumah klasik dari negara lain sebagai tema huniannya. Berikut Beberapa  Desain Rumah Klasik Dari Berbagai Negara Yang Dapat Menjadi Inspirasi.

1. Elegan khas Bollywood dengan rumah klasik        India 

Rumah klasik India lazimnya selalu memperlihatkan warna cemerlang dan motif yang menarik. Konsep desain rumah klasik India memperlihatkan nuansa yang terasa mewah dan elegan khas Bollywood. Di India, rata-rata rumah klasik dihiasi dengan beraneka pernak-pernik dekor rumah yang elegan dan bernilai betul-betul mewah.

Diantaranya dihiasi dengan guci, sebagian kristal, atau benang berwarna emas. Sebab wilayah India yakni wilayah yang beriklim tropis seperti kita di Indonesia. Tidak heran seandainya mereka mendekorasi rumah klasik yang mengutamakan kesegaran. Hal ini menonjol dari langit-langit yang cukup tinggi. Yang menarik dari rumah klasik India ini yakni lebih banyak menerapkan ventilasi dibandingi jendela.

2. Rumah klasik Amerika yang elegan

Ciri khas yang gampang sekali menonjol dari rumah klasik ini yakni dinding batu batanya. Desain rumah klasik Amerika memang identik dengan pemakaian batu bata. Penyusunannya yang rapi dan teratur tidak dapat terlepas dari desain rumah gaya barat elegan Amerika modern klasik. Keunikan inilah yang menjadi daya tarik tersendiri. Rumah klasik contoh ini umumnya menampakkan warna autentik batu bata yang benar-benar khas.

Gaya khasnya juga dapat menonjol dari bentuk yang simetris. Sedangkan desainnya sederhana, tampilannya tetap mewah dan elegan. Hampir semua bagian pada rumah klasik Amerika berbentuk simeteris.

3. Rumah Klasik Korea Yang Sederhana Tapi         Nyaman

Sekiranya telah selesai menonton drama Korea, biasanya Kita langsung berharap punya rumah bernuansa seperti rumah Korea yang menonjol simpel namun konsisten cantik. Kamu bisa kok mengikuti nuansa rumah Korea yang nyaman untuk diterapkan ke rumah kamu saat ini. Meskipun tidak berbeda jauh dengan nuansa rumah ala-ala negara Asia Timur lainnya seperti Jepang, rumah Korea cukup menarik untuk dijadikan sebagai ide supaya rumah kamu kian nyaman dan menenangkan.

Konsep minimalis tidak akan pernah salah sekiranya kamu berharap membangun rumah di tanah yang tidak luas. Konsep minimalis cukup mudah untuk dipadukan dengan gaya lain, entah kamu berharap memadukan rumah Korea minimalis yang akan dibangun dengan nuansa natural maupun modern (atau malahan keduanya), kamu bisa saja mewujudkannya pantas dengan preferensi kamu. Dan untuk kamar tidur masih mengutamakan warna abu-abu dan putih, jendela kamar tidur dijadikan dengan format yang sedikit lebih unik. Kasur matras sengaja diletakkan tanpa ranjang, yang merupakan ciri khas dari masyarakat Korea Selatan.

4. Rumah klasik Jepang yang menonjolkan esensi Alam

Rumah klasik Jepang ini mempunyai keunikannya sendiri. Pemakaian material kayu dan bambu cukup mendominasi pada ruang atau komponen tertentu. Umumnya rumah klasik desain ini mempunyai sebagian elemen penting yang mesti ada pada desain interiornya. Faktor yang pertama yaitu pintu geser kaca maupun kaca-kaca besar yang bisa memberikan panorama.

Pintu geser memungkinkan interior dan eksterior rumah klasik Jepang melebur satu sama lainnya. Ciri khas dan karakteristis dari desain interior rumah klasik Jepang juga ditemukan pada arsitektur minimalis dan gaya desain interior Zen. Perabotan penting yang esensial membuat ruang tinggal tak terasa sempit atau semrawut.

5. Dominasi warna cerah pada rumah klasik           Maroko

Rumah klasik Maroko pada bagian interiornya lazimnya memberikan dominasi pada warna-warna yang kaya khas Timur Tengah. Dekorasi teknik ini menjadi salah satu keunikan dan kekhasan gaya desain rumah klasik Maroko. Warna oranye merah, hijau dan biru, dialek emas, cokelat muda, kuning dan perak, kapabel menghasilkan atmosfir tropis pada ruangan.

Rumah klasik Maroko lazimnya tidak melupakan eksistensi tanaman eksotis, ubin terakota, dan dinding bertekstur. Semuanya memberikan suasana berbeda. Rumah klasik khas Maroko menerapkan material kayu dan besi tempa untuk dibuat furnitur. Rumah klasik Maroko juga lazimnya banyak menerapkan aksesori di bagian interiornya.

6. Perpaduan warna berani pada rumah klasik       China

Desain Interior rumah klasik China dipengaruhi oleh perkembangan sejarah kultur dan dekorasinya yang betul-betul panjang semenjak dari ribuan tahun silam. Gaya desain China bisa dikatakan mempunyai kemiripan dengan desain interior ala Jepang dan Zen. Interior rumah klasik China memakai perpaduan warna yang mempunyai kesan berani. Warna berani seperti warna hitam, glossy berdialek emas dan atau merah betul-betul diminati. Untuk dekorasinya, rumah klasik China memakai fitur garis lurus bersih mirip dengan desain interior Jepang. Dekorasi rumah klasik China biasanya dilengkapi dengan hiasan bambu.

7. Rumah klasik Amerika kolonial yang formal

Karakteristik dari rumah klasik Amerika kolonial umumnya ditandai dengan beraneka furniture yang terbuat dari material kayu dan trim dan digunakan secara luas pada keseluruhan ruangan. Ciri khas desain interior rumah klasik Amerika kolonial adalah menunjukkan desain formal dan penerapan kayu halus seperti kenari, ceri, mahoni sebagai bahan furniturnya.

Rumah klasik ini umumnya juga mendekorasi interiornya dengan aneka kain, seperti permadani, beludru, atau brokat. Untuk bagian peralatan dan pencahayaannya, rumah klasik ini mengaplikasikan besi dan kuningan.

8. Rumah klasik Perancis yang megah

Gaya hiasan yang megah dan wah serta gaya dekoratif yang mewah pada setiap ruangan adalah ciri khas desain interior rumah klasik Perancis. Perabotan dalam rumah klasik biasanya meliputi barang antik atau pusaka bergaya kerajaan Prancis. Bunga sebagai dekorasi hampir dapat dipastikan terdapat dalam setiap ruangan rumah klasik contoh ini.

Seperti konsep desain rumah gaya barat elegan Eropa, rumah klasik Perancis juga mempunyai jumlah jendela yang cukup banyak. Biasanya  kurang lebih terdapat 6 jendela yang ditempatkan pada sisi dinding rumah. Sementara 2 jendela  berukuran besar dan ditempatkan di depan rumah.

9. Nuansa keagungan arsitektur pada rumah klasik Rusia

Rumah-rumah klasik di Rusia menunjukkan sisi dekoratif dari masa lampau. Di rumah klasik Rusia tercermin terang nuansa keagungan arsitektur zaman dahulu, yang diasimilasikan dengan desain rumah wisata khas Rusia dan apartemen mewah zaman dahulu. Segala ini tercermin pada kombinasi antara barang antik, aksesori mewah, dan karya seni yang dipajang. Pada rumah klasik di Rusia ketika ini lazimnya dikombinasikan dengan aksesori interior modern.

10. Gaya mediterania rumah klasik Spanyol

Karakteristik dan ciri khas desain interior rumah klasik Spanyol yakni gaya mediterania yang semarak dan penuh warna. Mengingatkan pada vila pedesaan dengan selasar yang cerah, dan suasana kekeluargaan yang kuno melainkan amat solid. Untuk menambahkan kesan ini pada rumah, kamu dapat menambahkan aksesori seperti hiasan dinding atau poster penuh warna.

6. Perpaduan warna berani pada rumah klasik       China

Desain Interior rumah klasik China dipengaruhi oleh perkembangan sejarah kultur dan dekorasinya yang betul-betul panjang semenjak dari ribuan tahun silam. Gaya desain China bisa dikatakan mempunyai kemiripan dengan desain interior ala Jepang dan Zen. Interior rumah klasik China memakai perpaduan warna yang mempunyai kesan berani. Warna berani seperti warna hitam, glossy berdialek emas dan atau merah betul-betul diminati. Untuk dekorasinya, rumah klasik China memakai fitur garis lurus bersih mirip dengan desain interior Jepang. Dekorasi rumah klasik China umumnya dilengkapi dengan hiasan bambu.

11. Gaya interior industrial dari rumah klasik Italia

Rumah klasik di negeri ini menggandung gaya interior industrial. Pemilik rumah dan desainernya bergembira mengombinasikan material industrial seperti metal, kayu, sutra, dan kulit, kemudian diolah secara khusus menjadi hasil karya handmade. Akibatnya, aksesori dan furnitur yang terkesan kasar, namun mempunyai finishing yang halus.

12. Rumah klasik Amerika yang elegan

Ciri khas yang gampang sekali tampak dari rumah klasik ini yaitu dinding batu batanya. Desain rumah klasik Amerika memang identik dengan pemakaian batu bata. Penyusunannya yang teratur dan rapi tak dapat terlepas dari desain rumah gaya barat elegan Amerika modern klasik. Keunikan inilah yang menjadi daya tarik tersendiri. Rumah klasik model ini biasanya menunjukkan warna asli batu bata yang sungguh-sungguh khas. Gaya khasnya juga dapat tampak dari wujud yang simetris. Meskipun desainnya sederhana, tampilannya tetap mewah dan elegan. Hampir segala komponen pada rumah klasik Amerika berbentuk simeteris.

13. Berkarakter dengan rumah klasik Belanda 

Rumah klasik gaya Belanda ini banyak ditemukan di tempat rumah-rumah kuno di Indonesia. Ciri khas rumah klasik ini yakni tampak berkarakter dari jumlah jendelanya yang benar-benar banyak. Untuk pemilihan warnanya, rumah klasik Belanda seringkali memakai warna-warna yang netral dan terang, baik pada bagian interior maupun eksterior rumah klasik.

14. Nuansa santai di rumah klasik Jerman

Komposisi utama dekorasi rumah klasik di Jerman merupakan pemilihan furnitur dengan nuansa santai, seperti cocktail chair dan daybed, merupakan semacam sofa santai berukuran lebih lebar. Material aksesori yang digunakan memiliki warna mewah, seperti kuningan, batu permata, emas, dan corak velvet yang lembut nan mewah . Semua itu dilengkapi dengan tirai lipat konvensional dan dekorasi meja yang indah

15. Rumah klasik Eropa yang elegan

Nuansa rumah-rumah klasik Eropa memang terkesan gelap. Tapi karena hal itulah penghuninya akan merasakan kehangatan pada rumah klasik tersebut. Untuk konsep rumah klasik gaya eropa pada bagian interiornya, masih menggunakan dekorasi batu-batu alam untuk memunculkan kesan hangat dan akrab bagi para penghuninya. Pilar-pilar tinggi malahan masih bisa kamu peroleh pada rumah klasik ini. Dikala ini sudah banyak rumah di Indonesia yang mengusung desain rumah klasik bergaya eropa ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

griya kontraktor

Ciptakan keindahan

arsitektur bangunan anda

office

Bangunan bukan hanya tempat untuk berteduh, namun juga tempat untuk menenangkan jiwa dan raga. “Rumahku Surgaku”

alamat:

Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. 13450

Phone:

(021) 86909286

E-mail:

hallo@griyakontraktor.com

kontak agen

logo griya kontraktor

hadi gunawan

Consultant Expert

  • 0821-1211-6665
  • hallo@griyakontraktor.com

form kontak

WhatsApp WhatsApp Us