Denah atau tata agenda letak dalam progres pembangunan sebuah rumah sungguh-sungguh dibutuhkan. Alangkah tak kita tentunya tahu bahwa tata letak akan sungguh-sungguh menetapkan apakah rumah tersebut nyaman atau akan memiliki situasi sulit dikemudian harinya. Karena rumah akan terbangun secara permanent, karenanya dari itu sebuah perencanaan permulaan akan sengat dibutuhkan dan menetukan untuk kedepannya.

Salah satu ruang yang paling menetapkan yakni ruang tidur. Ruang tidur yakni daerah kita beristirahat dan pun yakni salah satu daerah bagi kita untuk menghabiskan waktu lebih banyak berada di dalam rumah. Oleh karena itu kamar tidur haruslah memiliki persayaratan tertentu supaya nyaman bagi penghuninya.

Beberapa syarat kamar tidur yang sehat adalah, terdapatnya pencahayaan yang cukup dari sinar sang surya, kecuali itu kamar tidur wajib memiliki sirkulasi udara yang baik, wajib terhindar dari temperatur lembab. Bebrpa aspek tadi haruslah dilihat bila kita merancang sebuah denah untuk sebuah kamar tidur. Jikalau kamar tidur memiliki temperatur lembab dan tak memiliki sinar yang cukup dari luar maka kesehatan dari penghuninya juga akan terganggu pun juga dapat menjadi peneyebab beberapa penyakit.

Karenanya dari itu memastikan posisi dan letak yang baik untuk sebuah kamar tidur adalah syarat totaliter sebelum kita memastikan denah rumah 3 kamar.  Beberapa contoh dibawah ini dapat menginspirasi Anda untuk membikin kamar yang baik dan meletakkan kamar pada posisi yang pas. Dengan jumlah 3 kamar pada rumah hal yang demikian.

1. Kamar Sejajar Kebelakang

Dengan meletakkan posisi kamar sejajar ke belakang, pada posisi ini ventilasi udara akan kita dapatkan dari ruang tengah untuk kamar yang berada di tengah dan pada halaman belakang untuk kamar yang berada di paling belakang. Padahal untuk pencahayaan kita bisa menerapkan glass blok atau kaca es pada genting dan memberikan ruang untuk cahaya masuk kedalam rumah.

2. Kamar Pada Posisi “L”

Untuk denah kali ini kita akan meletakkan kamar pada posisi “L” dengan kata lain posis kamar tidur utama pada posisi depan dibelakangnya kamar tidur si kecil 1 dan disampingnya kita letakkan kamar tidur si kecil 2. untuk ventilasi konsisten sama kita akan mengambil udara dariruang tengah dan untuk cahaya kita akan menggunakan cara memebrikan genting kaca supaya cahaya dapat masuk kedalam kamar yang berada di dalam.

3. Kamar Pada Denah Tanah Berbentuk Kotak

Untuk denah bidang tanah yang kotak kita bisa meletakkan kamar di depan dua buah mengapit ruang tetamu dan dibagian belakang satu buah antara ruang kelaurga dan dapur.

4. Kamar di Bagian Kanan dan Kiri dan Belakang

Selanjutnya dalah denah kamar di komponen depan dua dan belakang satu kamar. Kamar akan dipisahakan oleh ruang keluarga. Dengan dua di depan dan satu di belakang kamar.

5. Terletak di Bagian Depan Satu Dan Belakang Dua

Bisa juga kita meletakkan komponen depan dengan satu kamar dan komponen belakang dua kamar. Letak bertumpu pada wujud denah dari bidang tanah secara keseluruhan. Jika dapur diletakkan di sisi komponen kanan atau kiri, maka kamar tidur si kecil 1 dan 2 bisa diletakkan paralel kearah samping kana n atau paralel berlawanan. Jika berlokasi ditengah maka kamr belakang bisa mengapit posisi dapur dan ruang keluarga. Untuk posisi ini ita akan mengambil udara via lubang ventilasi pada atap dengan bantuan alat kipas penyedot udara atau exhaust fan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

griya kontraktor

Ciptakan keindahan

arsitektur bangunan anda

office

Bangunan bukan hanya tempat untuk berteduh, namun juga tempat untuk menenangkan jiwa dan raga. “Rumahku Surgaku”

alamat:

Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. 13450

Phone:

(021) 86909286

E-mail:

hallo@griyakontraktor.com

kontak agen

logo griya kontraktor

hadi gunawan

Consultant Expert

  • 0821-1211-6665
  • hallo@griyakontraktor.com

form kontak

WhatsApp WhatsApp Us